Perbedaan Plesk dan cPanel serta mana yang lebih baik

Control panel yang paling populer saat ini dan sering digunakan oleh kalangan hosting provider adalah Plesk dan cPanel. Kita mengetahui bahwa keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu kontrol panel untuk mengelola suatu website dan dapat memudahkan pengguna dalam me-manage multiple website mereka. Meskipun keduanya memiliki fungsi yang sama, tetapi terdapat perbedaan keunggulannya. Artikel kali ini akan membahas perbedaan Plesk dan cPanel. Mana sih kira-kira yang lebih unggul ?

Perbedaan Plesk dan cPanel

Secara garis besar kontrol panel diciptakan untuk mempermudah pengguna dalam hal manajemen website, database, email serta DNS record nya. Selebihnya dengan kontrol panel kamu juga dimanjakan dengan fitur unggulan seperti file manager, FTP, GIT, terminal dan masi banyak lainnya.

Kedua kontrol panel ini merupakan yang paling populer di Indonesia, walaupun ada juga saingan lain yaitu DirectAdmin tetapi Plesk dan cPanel bisa dibilang lebih senior. Setiap kontrol panel pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Berikut beberapa poin yang bisa kami bandingkan :

  • User Interface
    Tampilan keduanya tergolong bagus dan user friendly. Tetapi Plesk memiliki antarmuka penggunaan yang lebih mudah di gunakan karena lebih sederhana dan berfokus pada penginstallan aplikasi. Sedangkan cPanel memiliki fungsi yang lebih luas sehingga membutuhkan waktu untuk membiasakannya.

  • Auto Installer
    Plesk juga memiliki auto installer yang bernama WP Toolkit dimana user dapat melakukan install CMS WordPress hanya dalam hitungan detik dan beberapa klik saja. Tunggu, cPanel juga memiliki hal yang sama loh. WP Toolkit pada cPanel juga fungsinya sama persis dengan yang ada di Plesk. Untungnya saat ini WP Toolkit sudah include didalam pembelian license cPanel.
    Jika kalian ingin menggunakan auto installer pihak ketiga bisa menggunakan namanya softaculous sebagai alternatif. Dimana softaculous menyediakan banyak sekali pilihan CMS.

  • Sistem Operasi
    Semua sudah mengetahui jika Plesk memiliki keunggulan yaitu bisa di install dibawah platform OS Windows dan Linux. Sedangkan cPanel mengharuskan kamu menggunakan OS Linux Server seperti CentOS, Almalinux, Cloudlinux dan Ubuntu.

  • Contact Support
    Tentu jika kita membeli license mereka, kita juga akan mendapatkan dukungan teknis. Hal ini sangat membantu jika kita mengalami masalah teknis yang tidak bisa kita selesaikan sendiri, cPanel memberikan priority support dimana mengharuskan kamu untuk menjadi partner NOC terlebih dahulu, dan kamu akan mendapatkan support yang benar-benar bagus baik dari sisi staff teknis dan kecepatan dalam penyelesaian masalah.
    Plesk juga memiliki formulir bantuan yang cukup detail tentang informasi apa saja yang dibutuhkan pengguna.

  • Akses Pengguna
    Pengguna cPanel pasti sudah familiar dengan halaman login cPanel. Namun jika kamu pemegang root server, maka kamu juga akan mendapatkan akses WHM, dimana kamu bisa membuat akun cPanel baru sendiri. Bagaimana dengan Plesk? Di Plesk membuat email dan sub domain relatif lebih mudah dan model interface juga terlihat lebih professional.

  • Migrasi Data
    cPanel memiliki fitur yang namanya transfer tools, dimana kamu bisa melakukan migrasi akun cPanel baik sesama server cPanel/WHM atau dari control panel lainnya ke cPanel/WHM. Sedangkan Plesk juga memiliki hal yang sama. Kesimpulanya kedua panel ini memiliki fitur migrasi data yang baik.

 

So, Mana yang lebih baik antara Plesk dan cPanel?

Apakah kamu masih bingung mana yang lebih unggul? cPanel atau Plesk ya pilihan terbaiknya. Tentu pilihan ini semua ada di tangan pengguna. Pilihlah kontrol panel yang sesuai dengan kebutuhanmu. Namun pengalaman kami, menggunakan cPanel memang lebih baik dan sangat direkomendasikan. Mengapa? Karena dukungan support yang baik dan dilengkapi fitur cPanel/WHM yang lengkap. Dokumentasi banyak ditemukan di internet, pengguna cPanel juga sangat banyak. So, balik lagi ke kebutuhanmu bagaimana ! Selamat mencoba.

  • plesk, cpanel
  • 0 Users Found This Useful
Was this answer helpful?

Related Articles

Web Hosting Unlimited Murah terbaik Indonesia Gratis Domain

Kebutuhan akan penyimpanan data selalu bertumbuh setiap saat, mau membuat blog, website,...

Rekomendasi Web Hosting Indonesia murah diskon besar

Banyak sekali pilihan web hosting provider di Indonesia, mulai dari yang paling murah dan mahal,...

Apa itu Hosting? Pengertian ,cara kerja dan jenis web hosting

Kamu pasti tidak asing dengan kata web hosting, apalagi jika kamu adalah seorang web programmer,...

Perbedaan hosting gratis dengan hosting berbayar, mana yang terbaik ?

Jika kamu ada kebutuhan membuat website, tentu kamu harus mencari provider hosting sesuai dengan...

layanan web hosting murah Indonesia dari NATANETWORK

NATANETWORK menyediakan layanan web hosting murah dengan kualitas terbaik dilengkapi dengan fitur...

VPS Indonesia cuma 40rb

Powered by WHMCompleteSolution