Pengertian Web Hosting

Kamu pasti tidak asing dengan kata web hosting, apalagi jika kamu adalah seorang web programmer, maka web hosting adalah sahabat kamu juga. Dimana web hosting sangat berguna untuk mengonline kan aplikasi website kamu selama 24jam non stop tanpa henti. 

Pada artikel ini, kami membantu untuk menjelaskan gambaran apa sih web hosting , jenis dan kegunaannya.

 

Pengertian Web Hosting

Tentunya jika kamu ingin publish website atau suatu aplikasi, kamu membutuhkan sebuah server hosting yang memang di design untuk online 24jam dan dapat diakses oleh semua orang dari seluruh dunia menggunakan koneksi internet. Hosting sendiri dalam bentuk fisiknya adalah sebuah komputer server yang didalamnya berisi dokumen, data foto, source code, script dan database yang diolah menjadi suatu aplikasi website.

Tanpa web hosting maka kamu tidak bisa melakukan publish website ke seluruh dunia, maka dari itu jika kamu butuh komunikasi jarak jauh maka web hosting adalah solusinya.

NATANETWORK menawarkan banyak macam paket web hosting murah yang bisa kamu pilih, mulai dari katagori web hosting / shared hosting, reseller hosting dan kebutuhan yang lebih besar bisa menggunakan Virtual Private Server / VPS. Nah sudah paham kan apa itu web hosting  ? Sekarang kamu juga mungkin harus mengetahui apa itu domain. Singkatnya domain adalah sebuah nama atau branding website kamu yang mudah diingat untuk memanggil halaman web hosting kamu.

 

Cara Kerja Web Hosting

Komputer server yang sudah ditaruk di data center untuk online terus menerus, dan kamu menaruk file dan data source code website, didukung dengan aplikasi web server, database dan back-end php, maka dari komponen tersebut dapat terbentuknya sebuah website. Cara kerjanya resource server hosting baik itu RAM, Core, Hardisk dan kecepatan internet sangat berpengaruh pada perfromance web hosting.

Pembagian resource server sangat beragam tergantung dari jenis paket web hosting yang kamu pilih. Pastikan kamu sudah mengetahui kebutuhan dan budget, lalu beli paket web hosting sesuai keperluan kamu.

Gambaran singkatnya, web hosting dapat diibaratkan sebagai lahan kompleks perumahan dan kamu sebagai customer menyewa lahan dengan ukuran tertentu sesuai dengan kebutuhanmu. Tentu fitur web hosting juga dapat diibaratkan dengan tipe rumah yang kamu sewa, apakah lantai satu atau dua, apakah ada fasilitas kolam renang atau tidak. Semua fasilitas web hosting seperti file manager, email account, unlimited database dan bahkan terminal ssh akses bisa kamu dapatkan di web hosting provider NATANETWORK.

 

Jenis - Jenis Web Hosting

Ada beberapa macam jenis web hosting yang umumnya terbagi menjadi 3 tingkatan :

  • Web Hosting / Shared Hosting : Jenis ini adalah tingkatan paling murah harganya, biasanya web hosting jenis ini digunakan untuk memanjakan end-user karena sudah tersedia dengan control panel seperti cPanel, DirectAdmin, Plesk dan lain sebagainya. Dalam satu server fisik di sharing kepada banyak pelanggan lainnya sehingga hal ini membuat biaya web hosting dapat ditekan (harga hosting murah), tentunya sebagai web hositng provider juga harus memikirkan agar satu sama lain tidak saling menggangu walau ditempatkan di satu server fisik yang sama.
  • Virtual Private Server (VPS) adalah server virtual yang umumnya kamu juga dapat memiliki full akses root. Jenis VPS ini sangat populer buat kamu yang ingin memiliki full akses. Kamu bisa melakukan installasi kebutuhan apapun misal custom addon tertentu, tambahan service tertentu tanpa harus tergantung dengan customer lainnya. Sederhananya satu server fisik bisa kita bagi - bagi menjadi Virtual Server yang lebih kecil namun satu sama lain memiliki akses full sendiri-sendiri. Layanan jenis VPS seperti ini juga dapat ditekan harganya karena server yang dialokasikan adalah berbentuk virtual (bukan server fisik).
  • Dedicated Server salah satu jenis web hosting yang paling tinggi tingakatanya karena satu server fisik hanya digunakan oleh kamu sendiri tanpa ada orang lain yang mengusik server kamu. Tentunya harga jenis layanan web hosting dedicated server ini adalah yang paling mahal dibanding kedua jenis lainnya.

 

Kesimpulan

Web Hosting adalah tempat dimana kamu bisa membuat aplikasi dan website online terus selama 24jam non stop. Di era digital sekarang semua berlomba-lomba membuat sebuah konten konten menarik, sehingga kebutuhan web hosting akan terus meningkat seiring dengan kebutuhan wadah tempat konten itu ditempatkan, selain itu juga jika kamu memiliki bisnis online maka membuat website online shop adalah hal yang wajib. Pastikan kamu telah memilih provider web hosting terbaik di Indonesia.

Demikian artikel pengertian Web Hosting, cara kerja dan jenis-jenis nya, semoga dapat bermanfaat :)

  • web hosting
  • 0 Users Found This Useful
Was this answer helpful?

Related Articles

Direct printing via web menggunakan QZ Tray

Sudah bukan rahasia lagi direct printing sangat bermanfaat untuk aplikasi seperti kasir, toko,...

tidak mendapatkan email dari NATANETWORK ? cek email history di client area

Terkadang pelanggn NATANETWORK tidak mendapatkan email yang berisikan detail akun hosting/server...

Login Cpanel atau Reseller Hosting melalui client area

jika kita mengetahui username dan password cPanel maka kita dapat masuk ke cPanel dengan mudah....

Mengatasi 732 internal server error

Umumnya jika kita menggunakan indihome atau provider lainnya, terkadang permasalahan website...

Lakukan verifikasi email pada akun anda

Setelah melakukan order, anda akan diminta untuk verifikasi email Silahkan cek email inbox dan...

Powered by WHMCompleteSolution