Apa sih perbedaan cloud hosting dengan web hosting biasa

Sering tidak mendengar kata-kata Cloud dalam dunia hosting ? Saya yakin kamu sudah familiar dengan nama tersebut, karena sekarang rata-rata provider hosting menjual produknya dengan branding label "Cloud" walaupun sebenarnya perlu dipertanyakan apakah itu benar Cloud atau hanya sekedar Label saja.

Beberapa ciri-ciri server yang bisa dianggap Cloud adalah :

  • Sudah mendukung High-Availability teknologi. Dengan artian untuk membentuk sebuah Cloud Cluster kamu membutuhkan paling sedikit 3 node server. Sehingga data hosting yang kamu simpan di server itu akan tersebar di 3 node tersebut secara random.
  • Replikasi minimal 3x di setiap node server. Maka kamu tidak bisa mengetahui secara persis dimana VM kamu berada, karena datanya sudah tersebar kemana-mana.
  • Upstream atau backbone jalurnya sudah redundant, sehingga bisa dikatakan untuk transfer trafik antar node akan lebih cepat dan aman.

Lalu apa bedanya Cloud Hosting dengan Web Hosting biasa ?

  • Cloud hosting ini bisa kita ibaratkan server hosting yang ditempatkan di cluster Cloud. Dimana diatas sudah dijelaskan keungulan-keungulan menggunakan Cloud apa saja.
  • Web Hosting biasa adalah sebuah server fisik yang dimanfaatkan sebagai web hosting biasa. tidak menggunakan teknologi Cloud replikasi tersebut.

 

Kesimpulan

Apakah kamu masi bingung perbedaan keduanya ? Simpel nya Cloud Hosting adalah sebuah Hosting yang ditempatkan di Cloud Server yaitu sudah mendukung fitur High-Availability (HA) dengan tujuan agar hosting kamu tetap online terus 24jam tanpa takut adanya salah satu node server down. Sedangkan Web Hosting tradisional biasa adalah sebuah server fisik yang dimanfaatkan sebagai Hosting biasa dan memiliki kelemahan yaitu tidak adanya fitur HA, jika satu fisik server tersebut down maka web hosting tersebut akan down total dan harus segera dilakukan pengecekan untuk recovery nya.

Apakah Web Hosting biasa jelek ?

Tentunya tidak ya, Web Hosting biasa juga tidak kalah bagus dari segi performance nya dibandingkan Cloud Hosting, yang membedakan hanya teknologi Cloud nya saja dimana dengan label Cloud biasanya provider bisa menjamin integritas data dan uptime server yang lebih baik.

Dimana bisa saya membeli Cloud Server ?

Buat teman-teman yang bingung mau beli Cloud Server, kamu bisa merujuk ke website https://www.cloudaja.id dimana disana promo diskon 50% dan memiliki banyak pilihan paket mulai kapasitas kecil hingga 1Tb Storage.

Semoga artikel sederhana ini dapat membantu kalian yang masi bingung dan setidaknya ada pencerahan sedikit tentang bedanya Cloud Hosting dengan Web Hosting. Terima kasih. !

  • cloud hosting, web hosting
  • 1 Users Found This Useful
Was this answer helpful?

Related Articles

Harga cPanel cenderung naik tiap tahun

Harga license cPanel akan naik lagi di tahun 2022 ? Benar sekali tanpa perlu pusing bahwa...

Web Hosting Litespeed, Cloudlinux, cPanel dan SSD Storage untuk penggunaan komersil

Secara umum kebanyakan web hosting provider menggunakan control panel yang umum dikalangan...

Pengertian Elliptic Curve Cryptography dan cara menggunakannya

SSL Certificate umumnya menggunakan RSA keys dan nilai size yang direkomendasikan setiap periode...

Cara lapor Website Konten negatif ke kominfo

Buat kamu yang merasa ada suatu website yang bertentangan dengan Undang-Undang negara Indonesia,...

Web Hosting Unlimited Murah terbaik Indonesia Gratis Domain

Kebutuhan akan penyimpanan data selalu bertumbuh setiap saat, mau membuat blog, website,...

Powered by WHMCompleteSolution