Cara Mengatasi Deceptive Site Ahead di Google Chrome

Halo pelanggan Nata! Apakah website kamu mendapat peringatan “Deceptive Site Ahead” dari google chrome? Jika iya, maka website kamu di block oleh google chrome karena dianggap berbahaya. Perlu kamu ketahui website yang dianggap berbahaya oleh Google adalah website yang terindikasi adanya aktifitas phishing ataupun bisa menyebarkan malware.

Jangan khawatir! Karena website tersebut tentu saja bisa diperbaiki. Setidaknya ada dua hal yang harus kita lakukan, yaitu membersihkan dan memastikan website kita bersih dari malware, serta request ke Google melalui search console untuk melakukan peninjauan ulang.

Sebelum melanjutkan pada tutorial berikutnya, kami akan memberi sedikit penjelasan mengenai malware.

Apa sebenarnya Malware itu ?

Malicious Software atau malware adalah perangkat lunak yang dibuat dengan tujuan untuk merusak sistem komputer, jaringan atau server tanpa sepengetahuan dan izin dari pemiliknya.
Tentu saja hal ini akan merugikan korban atau pemilik server. Hal tersebut dapat berdampak pada kerusakan sistem atau bahkan hingga pencurian data. Malware biasanya disisipkan melalui jaringan internet. Namun biasanya juga melalui lampiran email, aplikasi ilegal, USB Drive yang terinfeksi virus, hingga modus melalui pesan teks.

Secara umum, ciri ciri website terjangkit malware adalah sebagai berikut:

  • Pengalihan ke halaman website lain.

  • Website menampilkan tampilan konten yang tidak pernah kamu unggah sebelumnya.

  • Website tidak dapat tampil dengan maksimal, dan justru menampilkan notifikasi peringatan bahaya dari browser.

Oke Pelanggan Nata, kita lanjut yuk ke panduan bagaimana cara mengatasi peringatan Deceptive Site Ahead seperti berikut ini:

  1. Pastikan website bersih dari Malware
    Apabila kamu menggunakan cPanel untuk menyimpan data-data websitenya, pertama yang harus dilakukan adalah men-scan virus menggunakan fitur yang ada di cPanel, seperti fitur imunify 360. Tetapi apabila menggunakan VPS atau dedicated server, maka harus melakukan scanning menggunakan tools yang tersedia di masing-masing jenis server, setelah itu pastikan kamu menghapus semua file yang dianggap berbahaya atau seharunya tidak ada di server. Dalam hal ini kami memberikan tutorial mengatasi malware via cPanel. Setelah dilakukan scanning virus maka terdeteksi seperti gambar berikut :



  2. Reset Password cPanel
    Segera lakukan perubahan password pada akses login cPanel. Oh iya jangan lupa gunakan kombinasi yang sulit ditebak pada password baru ya!
    Login akun cPanel kamu kemudian masuk pada menu berikut :



  3. Pasang SSL pada websitemu
    Jangan lupa juga lakukan instalasi SSL pada website kamu. SSL berguna untuk memastikan website kamu terenkripsi dengan aman. Google juga sudah mengharuskan website terpasang SSL yang ditandai dengan HTTPS pada alamat websitenya.

  4. Lakukan report ke google
    Setelah memastikan file websitemu telah bersih dari malware, langkah selanjutnya kamu dapat melakukan report ke google melalui link berikut :
    https://safebrowsing.google.com/safebrowsing/report_error/?hl=id 




  5. Ajukan review via Google Search Console
    Langkah terakhir yang dapat dilakukan ialah mengajukan review melalui google search console. Sebelum reqest review, pastikan websitemu telah terdaftar pada google webmaster. Lakukan verifikasi. Disini kami menggunakan verifikasi dengan DNS record.









    Setelah domain kamu terdaftar di layanan Google search console, kamu bisa merequest review ulang melalui menu “Security & Manual Action” lalu klik menu Security Issues.

    Untuk request review, kamu hanya perlu mengisi nama domain pada kolom search pada halaman tersebut. Hasil review tidak tampil secara langsung, tetapi memelukan waktu agar website bisa dilakukan re-crawl oleh Google. Lama waktu re-crawl ini tidak bisa ditentukan, karena tergantung dari Google.


    Setelah melakukan request peninjauan ulang ke Google,
    kamu hanya perlu menunggu hingga mendapatkan notifikasi dari Google untuk hasil peninjauannya. Jika Google sudah tidak menemukan file malware pada websitemu, maka Google akan membuka block malware di website tersebut.

    Semoga artikel ini dapat membantu!

  • 0 Users Found This Useful
Was this answer helpful?

Related Articles

Tutorial untuk menolak pembuatan cpanel account dengan extensi domain tertentu

Tidak semua domain diijinkan oleh hoster pada server mereka.biasanya atau umumnya domain yang...

cara install WHM & cPanel

Mau membuat serever cpanel sendiri?ingat untuk membuat server cpanel pribadi diharuskan memiliki...

apa itu DNS cluster?

Secara default cpanel tidak menggunakan DNS cluster. atau bisa dibilang DNS pada WHM tergabung...

beberapa module yang penting dalam setup server WHM/Cpanel

Beberapa module berbayar & gratis yang dianggap penting untuk digunakan untuk melengkapi...

Gunakan Cloudlinux OS untuk kenyamanan Server cPanel

Memang tidak diharuskan untuk menggunakan OS Cloudlinux dalam berjualan/bisnis web hosting...

Powered by WHMCompleteSolution