Menggunakan BoxTrapper pada cPanel untuk mencegah masuknya email spam

Pernah mendapatkan email spam terus menerus di inbox email kamu? terkadang hal ini akan mengganggu dan memenuhi quota inbox kamu. Cara mudahnya adalah menghapus email yang tidak diinginkan beserta memindahkan ke spam folder, akan tetapi jika email tersebut terlalu banyak sekali dan alamat email pengirimnya bervariasi, lalu bagaimana ? Mungkin kamu bisa juga mencoba fitur cPanel yang bernama BoxTrapper.

Apa itu BoxTrapper ?

BoxTrapper adalah fitur spam filter untuk proteksi inbox kamu melalui challenge response verification. Artinya sebelum email dari luar masuk ke dalam inbox kamu, BoxTrapper akan mengirimkan verification email sebagai respon terhadap pengirim email. Pengirim email harus menyelesaikan proses verifikasi dahulu sebelum emailnya bisa ter-deliver ke inbox kamu. Jika sender tidak dapat menyelesaikan verifikasi di email, BoxTrapper tidak akan mengijinkan email tersebut masuk kedalam inbox kamu dalam jangka waktu tertentu dan bahkan sistem akan otoamtis menghapus email spam tersebut.

 

Cara menggunakan BoxTrapper ?

  1. login kedalam cPanel
  2. temukan menu BoxTrapper
  3. akan muncul list email acccount, silahkan enable email account yang mau kamu aktifkan BoxTrapper dengan klik tombol Manage --> Enable
  4. Selain itu, kamu juga dihadapkan banyak configurasi seperti: Settings, Edit confirmation messages, Edit black/white/ignore list, Forward list, Review log dan Review queue
    detail kamu bisa baca langsung di website cPanel https://docs.cpanel.net/cpanel/email/boxtrapper/

 

Kesimpulan

Fitur BoxTrapper sudah ada sejak tahun 2020 dan mungkin banyak dari kita yang tidak menyadari atau pernah memanfaatkan fitur ini, sesuaikan kebutuhan kamu dan tidak semua orang membutuhkan ini. BoxTrapper khususnya diperuntukan buat kamu yang memang emailnya sering di serang kiriman email tidak jelas / spam yang sudah sampai level mengganggu dan kamu butuh email verifikasi terlebih dahulu sebelum email tersebut dapat masuk kedalam inbox kamu. Yuk cobain Fitur BoxTrapper pada semua layanan web hosting cPanel kamu.

  • 0 Users Found This Useful
Was this answer helpful?

Related Articles

Tutorial untuk menolak pembuatan cpanel account dengan extensi domain tertentu

Tidak semua domain diijinkan oleh hoster pada server mereka.biasanya atau umumnya domain yang...

cara install WHM & cPanel

Mau membuat serever cpanel sendiri?ingat untuk membuat server cpanel pribadi diharuskan memiliki...

apa itu DNS cluster?

Secara default cpanel tidak menggunakan DNS cluster. atau bisa dibilang DNS pada WHM tergabung...

beberapa module yang penting dalam setup server WHM/Cpanel

Beberapa module berbayar & gratis yang dianggap penting untuk digunakan untuk melengkapi...

Gunakan Cloudlinux OS untuk kenyamanan Server cPanel

Memang tidak diharuskan untuk menggunakan OS Cloudlinux dalam berjualan/bisnis web hosting...

Powered by WHMCompleteSolution