Perbedaan NVMe hosting dengan SSD hosting biasa

Di era saat ini teknologi semakin maju, sudah ada generasi SSD SATA selanjutnya yaitu dengan nama NVMe Storage. Pemyimpanan ini menggunakan konsep chip mirip dengan SSD tetapi NVMe memiliki interface sendiri yaitu menggunakan konektor pci-express M.2 dan juga ada yang model U.2 ukuran 2.5" (tidak lagi menggunakan interface SATA ataupun SAS).

Dengan pola kerja saat ini, kebutuhan akan resource akan semakin tinggi, kebutuhan proses baca dan tulis juga semakin tinggi, maka dengan kebutuhan yang tinggi tersebut, para pakar menciptakan storage dengan kecepatan tinggi yaitu yang umum kita kenal dengan nama NVMe. Untuk saat ini pengguna NVMe sudah mulai umum dibandingkan tahun-tahun sebelumnya mengingat harga NVMe sendiri juga masi tergolong mahal. Dengan tuntutan ini, maka penyedia web hosting juga tidak kalah ketinggalan, natanetwork sendiri juga meluncurkan paket web hosting dengan penyimpanan NVMe dimana claim nya sendiri jauh lebih cepat berlipat-lipat kali dibanding SSD SATA biasa.


Terlihat gambar diatas ini, HDD SATA sudah sangat ketinggalan jauh sekali. Perlu diingat bahwa HDD SATA ini menggunakan piringan disk secara traditional untuk melakukan penyimpanan data. Keunggulannya terletak dari tidak adanya umur maksimal kemampuan tulis yang bisa dia tulis. Walau tergolong lambat di era skarang, tapi dia lebih cenderung berumur lama. Sedangkan NVMe dan SSD SATA memiliki keterbatasan ada jumlah tulis tertentu dalam TBW yang hanya dia bisa lakukan, selebihnya perfroma akan menurun drastis. (ada masa pakainya). Tetapi jangan kawatir, untuk kelas enterprise sendiri kemampuan tulis nya mencapai ribuan TBW (terra byte write), yang artinya mungkin sekitar 5tahun lebih baru SSD / NVMe tersebut akan menurun performa nya.

 

Kelebihan NVMe Hosting

Jika kita lihat detail, kelebihan NVMe hosting tentu dari segi kecepatan sudah pasti menang telak dari SSD SATA. Apa saja detail kelebihan NVMe ?

  1. NVMe memiliki lebih banyak IOPS : jumlah Input Output process per second yang besar, jadi dapat melakukan proses bersaaman secara banyak sekaligus.
  2. Kecepatan baca dan tulis NVMe juga sudah sangat cepat hingga 3Gb/s.. atau yang jenis baru dengan PCI-e 4.0 bisa mencapai 7Gb/s
  3. NVMe konon katanya ramah lingkungan. hal ini karena NVMe menggunakan mode daya rendah untuk mengurangi konsumsi tenaga secara berlebihan.

 

 

Kesimpulan

kami yakin untuk masa depan kebutuhan akan proses computing akan lebih tinggi, maka hadirlah teknologi NVMe storage ini dimana kedepan akan semakin populer dan semua orang mungkin akan wajib menggunakan storage jenis ini. Untuk saat ini provider hosting yang menyediakan NVMe web hosting masi terbatas, salah satunya adalah Natanetwork, memiliki paket hosting dedicated resource CPU dan RAM + NVMe storage. Hasil yang didapat website terasa ringan dan cepat diakses. https://www.natanetwork.com/nvme-hosting-indonesia

 

  • 0 Users Found This Useful
Was this answer helpful?

Related Articles

Direct printing via web menggunakan QZ Tray

Sudah bukan rahasia lagi direct printing sangat bermanfaat untuk aplikasi seperti kasir, toko,...

tidak mendapatkan email dari NATANETWORK ? cek email history di client area

Terkadang pelanggn NATANETWORK tidak mendapatkan email yang berisikan detail akun hosting/server...

Login Cpanel atau Reseller Hosting melalui client area

jika kita mengetahui username dan password cPanel maka kita dapat masuk ke cPanel dengan mudah....

Mengatasi 732 internal server error

Umumnya jika kita menggunakan indihome atau provider lainnya, terkadang permasalahan website...

Lakukan verifikasi email pada akun anda

Setelah melakukan order, anda akan diminta untuk verifikasi email Silahkan cek email inbox dan...

Powered by WHMCompleteSolution