Cara menggunakan imunify360 untuk menghapus maleware website di cPanel

Pengguna WordPress atau CMS populer lainnya, sangat sering sekali terjadi php injection seperti virus dan maleware. apalagi jika kamu jarang melakukan update regularly baik itu versi plugin dan core WordPress itu sendiri. Hal ini bisa diatasin dengan software imunify360 yang sudah ada didalam web hosting cPanel kamu.

Tutorial menghapus maleware menggunakan imunify360

  1. Login kedalam cPanel
  2. Buka software imunify360


  3. Disini kamu bisa melihat file mana saja yang dianggap maleware. Contoh dibawah ini ada 2 file yang dianggap mengandung maleware, kamu bisa melihat action di sebelah kanan yaitu:
    - view : kamu bisa melihat file tersebut apakah berisi script aneh-aneh didalamnya
    - cleanup : kamu bisa menghapus file tersebut
    - gear: disana ada pilihan restore file from backup, jika memang terdapat file backup yang memungkinkan replace file yang mengandung maleware dengan file original sebelumnya.

    Secara default, sistem akan melakukan scan source code kamu secara berkala, dan jika ditemukan adanya maleware maka action otomatis yaitu try to restore file from backup, jika gagal maka dia akan langsung melakukan cleanup.

  4. Bagaimana jika file yang sudah kamu cleanup ternyata file tersebut adalah file penting dan harus dikembalikan semula?
    kamu bisa mencarinya file yang sudah di cleanup, umumnya dengan status: content removed, maka jika kamu lihat disebelah kanan ada tombol 'restore original item'. Hal ini dapat dilakukan untuk mengembalikan file yang sudah dihapus tadi.



  5. Menu History dapat menampilkan history action apa saja yang sudah dilakukan selama ini baik itu dilakukan oleh user kamu sendiri ataupun dari sistem otomatis. Perhatikan kolom Event, disana menunjukan file terdetek sebagai maleware sejak tanggal tertentu.


  6. Dibagian atas, terdapat menu Proactive Defense, fasilitas ini menggunakan mode 'kill mode' yaitu seketika terminate script ketika terdeteksi adanya serangan dan hal ini memberikan proteksi yang maksimal. Jika hal ini terdeteksi maka akan muncul juga di tabel bagian bawah.



Kesimpulan

Secara umum sebagai user tidak perlu pusing tentang cara menggunakan imunify360, fitur dan semua proses dilakukan melalui GUI. Penjelasan cukup lengkap dan disini kamu juga bisa mengecek apakah website kamu bersih dari maleware atau tidak, jika tidak maka action selanjutnya kamu bisa memeriksa script yang diduga sebagai maleware apakah ingin di cleanup atau dibiarkan saja. Software Imunify360 ini sangat membantu kamu untuk terhindar dari berbagai serangan dari luar baik itu brute-force attack, DoS, maleware/virus, dan ancaman-ancaman lainnya. Secara sistem akan bekerja otomatis melakukan blokir terhadap ip address yang dicurgai.

  • Imunify360
  • 0 Users Found This Useful
Was this answer helpful?

Related Articles

Tutorial untuk menolak pembuatan cpanel account dengan extensi domain tertentu

Tidak semua domain diijinkan oleh hoster pada server mereka.biasanya atau umumnya domain yang...

cara install WHM & cPanel

Mau membuat serever cpanel sendiri?ingat untuk membuat server cpanel pribadi diharuskan memiliki...

apa itu DNS cluster?

Secara default cpanel tidak menggunakan DNS cluster. atau bisa dibilang DNS pada WHM tergabung...

beberapa module yang penting dalam setup server WHM/Cpanel

Beberapa module berbayar & gratis yang dianggap penting untuk digunakan untuk melengkapi...

Gunakan Cloudlinux OS untuk kenyamanan Server cPanel

Memang tidak diharuskan untuk menggunakan OS Cloudlinux dalam berjualan/bisnis web hosting...

Powered by WHMCompleteSolution