PHP 8.0 : Mengenal, Pengertian, Keunggulan serta Fitur-fiturnya

Mengenal PHP 8

PHP merupakan salah satu bahasa pemrograman web yang paling populer dan mudah untuk dipelajari. Dengan banyaknya tutorial PHP, kamu dapat menulis skrip pertama dan menjalankan perintah dalam hitungan jam. Versi PHP (PHP 7) saat ini memperkenalkan pengoptimalan kecepatan, yang mengarah pada improvement. Versi PHP 8 lebih meningkatkan hal ini dan memperkenalkan fitur-fitur baru lainnya.

PHP 8 dirilis pada 26 November 2020 dan akan memberikan banyak fitur unggulan dan peningkatan bahasa yang hebat bagi pengembang suatu website. Banyak Fitur Permintaan yang telah disetujui dan diimplementasikan, dengan berbagai tambahan fitur menarik yang akan membuat PHP 8 akan lebih handal dan cepat dari PHP versi sebelumnya. Hal ini tentu saja memaksa pengguna PHP versi sebelumnya harus mempelajari tambahan-tambahan fungsi yang sangat menguntungkan web developer jika kamu ingin update versi PHP terbaru.

Pengembang bernama Brent Roose baru-baru ini membuat pengumuman tentang semua fitur baru dari rilis PHP 8. Saat pengerjaan versi baru berlanjut dan sudah rilis juga versi PHP 8.1 pada 25 November 2021. Untuk saat ini versi PHP 8 terbaru yaitu 8.1 dimana support akan aktif terus hingga 25 November 2024. Tidak sampai di sini saja, tentu akan terus dikembangkan PHP 8.x untuk beberapa bulan kedepan.

Pengertian PHP 8

Merupakan pembaharuan dari PHP 7.4 yang akan berhenti acitve supportnya pada tanggal 28 November 2022. Berbeda dengan PHP 7.4 yang hanya minor update, PHP 8 melakukan major update dari bahasa pemrograman PHP. Sebuah major update yakni versi terbaru yang  menawarkan performa lebih baik dengan adanya berbagai fitur baru. Beberapa fitur unggulan adalah Just In Time Compiler, Weak Maps, dan Named Arguments.

 

Fitur Terbaru dan Keunggulan PHP 8

Versi baru PHP 8 diharapkan hadir dengan beberapa fitur baru yang menawarkan banyak fasilitas tambahan bagi developer website. Berikut beberapa fitur yang paling dinantikan :

  • JIT Compiler (Just in Time)

    Di antara fitur baru utama PHP 8 adalah JIT Compiler yang seharusnya meningkatkan kinerja secara signifikan. PHP tidak dikompilasi, tetapi diinterpretasikan baris demi baris. JIT (Just in Time) bekerja dengan mengkompilasi bagian-bagian kode selama runtime dan dengan melakukannya akan bertindak sangat mirip dengan versi kode yang di-cache. Cara ini harus mengarah pada peningkatan besar-besaran dalam kinerja. Fitur baru di PHP 8 ini telah diuji oleh Pedro Escudero yang menggunakan skrip sederhana untuk membandingkan versi 5.3, 7.4, dan 8 (dengan dan tanpa JIT). Untuk tujuan ini, Escudero menjalankan skrip 100 kali di setiap versi dan kemudian menghitung waktu rata-ratanya.

  • JSON extension always activated

    Di versi bahasa skrip yang lebih lama, ekstensi JSON memiliki opsi untuk dinonaktifkan. Karena JSON adalah format data yang penting, bagaimanapun, pengembang PHP memutuskan untuk memastikan bahwa ekstensi diaktifkan setiap saat. Diasumsikan bahwa cara ini akan menyederhanakan bekerja dengan PHP.

  • Union Types

    Union Types dikenal dari bahasa lain seperti C / C ++, TypeScript atau Haskell. Di sini dua atau lebih tipe bisa membentuk satu kesatuan dan tipe yang disebutkan bisa digunakan oleh pengguna PHP 8.

  • Jenis pengembalian Static

    Statis adalah sebuah nama kelas khusus dan menjadi tipe pengembalian yang valid di versi baru selain self & parent yang bisa ditemukan dalam PHP 8 terbaru kali ini.

  • WeakMap

    WeakRefs sudah ditambahkan di PHP 7.4 dan dengan PHP 8, bagaimanapun, WeakMaps telah disertakan yang merupakan perpanjangan dari fungsi ini. WeakMaps dan WeakRefs dapat digunakan untuk menghapus objek jika hanya cache yang mereferensikan kelas entitas dari objek tersebut. Hal ini mengarah pada penanganan objek yang akan mampu menghemat sumber daya.

  • Penggunaan ::class funtuk objek

    Pada versi sebelumnya, Anda harus menggunakan get_class () untuk menetapkan kelas ke objek. Tapi sekarang, Anda bisa menerapkan :: class ke objek yang akan memastikan bahwa kode sumber dibuat lebih ramping.

 

Kesimpulan

PHP 8 yang sudah dirilis pada 26 November 2020 ini sudah sangat dinantikan oleh para developer website mengingat banyaknya fitur canggih dan peningkatan bahasa yang tepat jauh lebih baik dari versi sebelumnya. Dengan adanya PHP 8 secara resmi, diharapkan lebih dari 40% yang masih menggunakan PHP 5 yang sudah ketinggalan zaman akan berpindah secara bertahap ke versi yang lebih baru yaitu PHP 7 atau PHP 8. Perlu diketahui bahwa rekomendasi PHP yang digunakan adalah PHP 7.4, PHP 8.0 dan PHP 8.1 karena ketiga versi tersebut sampai saat ini masi dalam active support (artinya jika ada bug masi bisa ditangani oleh tim developer PHP untuk pembenahannya)

Menurut survey kami, kebanyakan website masih menggunakan PHP versi lama, bahkan dua dari setiap tiga situs web yang menggunakan PHP masih menggunakan versi PHP yang telah expired dan no active support. Hal ini tidak disarankan tentunya, dan diharapkan para mengembang website secara perlahan melakukan update PHP ke versi yang direkomendasikan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti terkena hacked, security hole dan lain sebagainya. Pastikan cek compatibility pada PHP Script kamu sebelum mencoba upgrade PHP 8 dan lakukan adjustment untuk penyesuaian source code jika dibutuhkan.

  • php8
  • 0 Users Found This Useful
Was this answer helpful?

Related Articles

Mengubah PHP Version + pilih module / value yang diinginkan melalui menu "Select PHP Version"

Mengganti Versi PHPMengubah PHP version terdapat 2 cara di shared hosting cpanel:1. merubah lewat...

Merubah PHP Version + PHP local value melalui "MultiPHP Manager" & "MultiplePHP INI Editor"

Mengganti Versi PHPDapat dijelaskan terdapat 2 cara untuk melakukan perubahan PHP version:1....

Cek PHP Version yang sedang digunakan

Haloberikut kami berikan tips sederhana untuk cek php version beserta value & module apa saja...

Menggunakan Gzip compression untuk mendapatkan performance web yang baik

Besar konten suatu website sangat berpengaruh dalam kecepatan akses website itu sendiri. Banyak...

Pengertian Htaccess dan cara penggunaannya

Htaccess handa tersedia jika web server yang anda gunakan adalah Apache.Untuk Nginx belum...

Powered by WHMCompleteSolution