Pengertian dan cara menghindari Website dari serangan Virus Maleware

Pengertian Malware  (Malicious Software)

Malicious Software atau yang umumnya Kita kenal dengan nama Malware merupakan suatu perangkat lunak yang dirancang dengan memiliki tujuan untuk merusak sistem pada jaringan komputer dan server tanpa diketahui oleh penggunanya. Sesuai dengan kepanjangan maleware adalah Malicious Software yaitu software jahat yang bertujuan untuk mengambil data penting atau merusak target. Selama ini Kita hanya akrab mengenal istilah virus namun sebenarnya virus itu sendiri termasuk ke dalam salah satu dari Malware.

Malicious Software terdiri dari virus, trojan, dan worm yang sebagian besar nya dalah spyware, rootkit, adware dan juga software lainnya yang tak diharapkan oleh pengguna komputer. Seperti yang Kita ketahui bahwa malware sangat membahayakan jaringan komputer karena dapat menyusup dan merusak melalui internet, email, halaman situs website dan program-program komputer yang juga bisa terkena infeksi.

Tak hanya itu, Malware juga sangat memungkinkan untuk mencuri data dan infromasi pengguna komputer ketika melakukan unduhan file atau software yang berasal dari tempat yang tidak jelas atau ilegal. Melalui malware yang merusak sistem komputer Kita, seorang hacker bisa saja mencuri bermacam data pribadi yang Kita miliki seperti contohnya username, password dan bahkan data bank account.

Tedapat tiga bagian dari Malware yang perlu Kita ketahui diantaranya yaitu:

  1. Malware umumnya memiliki sifat merusak atau menginfeksi komputer seperti virus dan worm.
  2. Malware yang berguna untuk mencuri celah keuntungan diantaranya adware, spyware, botnet, dialer, dan keystroke logger.
  3. Malware yang bersembunyi dalam komputer seperti rootkit, trojan horse, dan juga backdoor.

 

Cara mengindari Serangan Maleware


Berbagai layanan Web Hosting Indonesia saat ini telah dilengkapi dengan standar keamanan yang tinggi. Namun, tetap saja serangan Malware berpotensi masuk ke dalam website kamu, membuat ruang penyimpanan menjadi boros, dan mengganggu kinerja server, bahkan terburuk membuat website kamu tidak bisa diakses atau hilang.

Jadi, segera hindari serangan Malware dengan melakukan beberapa trik dan tips sederhana berikut ini:

  • Scanning Virus

    Lakukan scanning virus jika dirasa ada website kamu yang mencurigakan adanya banyak script aneh didalamnya. Fasilitas scanning virus biasanya sudah terdapat pada masing-masing control panel hosting seperti avast atau maldet. Jangan lupa juga selain scanning virus pada source code, kamu juga perlu scannning virus pada komputer local untuk memastikan komputer kamu juga terbebas dari virus dan maleware, sehingga jika ditemukan maleware di pc local, kamu tidak upload file mencurigakan kedalam server web hosting agar maleware tidak menyebar kemana-mana.


  • Update komponen website

    Sangat penting melalukan patching secara berkala. Kita tahu bahwa PHP Script sendiri juga terus update mulai dari versi lama PHP 4 hingga terbaru saat ini PHP 8.0. Penting untuk melakukan update komponen software juga seperti Wordpress version, plugin dan theme yang kamu gunakan. Menggunakan versi terbaru akan jauh lebih baik daripada anda menggunakan versi lama yang mungkin memiliki potensi besar untuk terkena maleware dikemudian hari. 


  • Hindari Website "hitam"

    Pastikan kamu tidak akses atau download file tidak resmi di website "hitam" yang biasanya mengandung worm, trojan dan maleware. Jika ada halaman website yang mencurigakan, perlu di telusuri juga url nya apakah valid dan benar, terkadang kita dapat menemui website phising yang mengarahkan kita ke website seolah-olah resmi dan download file tersebut, sebenarnya file tersebut adalah ilegal. Perhatikan juga jika menerima email yang tidak dikenal, pastikan kamu tidak klik sembarang link yang ada.

  • Gunakan Firewall

    Menggunakan firewall sangat membantu untuk mengurangi potensi terkena maleware, pastikan komputer kamu memiliki firewall yang telah aktif. Untuk pengguna Windows 10, terdapat fitur real-time scan maleware yang sangat membantu jika terdapat file yang mengandung virus, maleware, trojan akan otomatis terhapus.


  • Gunakan Plugin Wordfence

    jika kamu menggunakan wordpress dalam pembuatan website, maka bisa dicoba juga install plugin yang bernama Wordfence. Plugin Wordfence digunakan untuk menghilangkan maleware yang terdapat dalam komputer kamu. langkah yang mungkin dapat kamu lakukan adalah lakukan backup semua file dan database, lakukan scan installasi pada wordpress dengan menggunakan Wordfence. Jika ditemukan file mencurigakan silahkan hapus dan replace dengan file original yang masi bersih dari maleware, mungkin kamu juga perlu untuk memperbaharui installasi wordpress tersebut.


  • Cek source code & hapus manual

    Jika website kamu rusak karena maleware, silahkan cek source code secara general, cek file index.php dan biasanya terdapat banyak script aneh didalamnya. perlu diketahui tidak hanya pada 1 file saja, bahkan memungkinkan untuk menyebar di sekitar file tersebut seperti didalam folder wp-admin, atau file header.php dan sebagainya. Hapus secara manual source code yang mencurigakan dan replace dengan file original, dalam kasus ini jika kamu menggunakan wordpress, maka silahkan hapus engine wordpress dan copy kan file baru wordpress yang masi fresh. Hal ini sangat membantu untuk recovery secara cepat, jika tidak berhasil maka silahkan ambil data backup.


  • Backup Data Berkala

    Langkah terakhir yang paling penting yaitu kamu harus memiliki data backup berkala. hal ini untuk menghindari adanya kerusakan website dan dengan mudah kamu tinggal ambil data backup dan restore website ke state semula. Edukasi backup berkala harus diterapkan di setiap user agar menjadi kebiasaan. Hardware rusak dapat kita beli dengan mudah selama kita memiliki uang, akan tetapi tidak berlaku untuk software dan data penting, jika data kita rusak karena virus atau bahkan hilang, maka uang seberapapun tidak akan bisa mengembalikan data kamu kepada data semula, maka dari itu jangan lupa backup website penting kamu secara berkala, terutama jika data tersebut adalah data penting.
  • maleware detection
  • 0 Users Found This Useful
Was this answer helpful?

Related Articles

Tips untuk menghindari file terinfeksi maleware

kami tau bahwa maleware adalah masalah serius bagi semua orang. Secara tidak sengaja atau sengaja...

Solusi pembenahan file Wordpress yang terinfeksi Maleware

Sudah bukan menjadi rahasia umum bahwa file wordpress agak mudah terserang Maleware pada bebeapa...

Powered by WHMCompleteSolution